Kamis, 24 Maret 2011

Inspirasi


PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN
MELALUI JURNAL BELAJAR

Siti Nasiroh, S.Pd*)

         Peningkatan mutu pendidikan dapat dicapai melalui berbagai cara antara lain: melalui peningkatan kualifikasi akademik guru, pendidikan dan pelatihan, atau memberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran dan nonpembelajaran secara profesional lewat penelitian perbaikan pembelajaran.
Upaya inovatif untuk meningkatkan  kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh pemerintah, salah satunya adalah dengan memberdayakan guru di tingkat cluster (kelompok kerja) dengan pemberian dana bantuan langsung (DBL program BERMUTU). Tujuan utama program ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam memperbaiki pengajarannya.    
Sesuai dengan Pedoman  Dana Bantuan Langsung setiap kelompok kerja penerima DBL wajib melaksanakan minimum 16 kali pertemuan. Diakhir kegiatan guru peserta dituntut untuk menyelesaikan 6 tagihan sebagai indikator keberhasilan program. Salah satu tagihan yang yang harus dipenuhi oleh guru peserta KKG program BERMUTU adalah jurnal belajar 16 kali dipertemuan kelompok kerja. Jurnal belajar, sebagai istilah yang diterjemahkan dari learning journal yakni merupakan dokumen yang secara terus-menerus bertambah dan berkembang. Biasanya ditulis oleh pembelajar, sebagai rekaman terhadap perkembangan materi yang sedang dipelajari. Melalui kegiatan penulisan jurnal belajar ini guru peserta akan memiliki kemampuan dalam teknik pengembangan jurnal belajar sehingga memiliki kemampuan dalam membimbing dan memfasilitasi siswanya menulis jurnal belajar.
Implementasi jurnal belajar dalam konteks pembelajaran di kelas, dapat dilakukan oleh guru yaitu  dengan menugaskan siswa/peserta didik untuk menulis jurnal belajar tentang kegiatan yang  pembelajaran yang dilakukan. Penulisan jurnal belajar merupakan pendukung kegiatan pembelajaran yang memiliki manfaat ganda. Bagi guru jurnal belajar peserta didik menjadi masukan berharga. Guru dapat mengetahui apakah pembelajaran yang dilaksanakan menarik, materi dikuasai peserta didik dan apakah ada peserta didik yang menulis tentang materi yang dipelajari dari sumber lain dan lain sebagainya. Sedangkan bagi siswa tujuan menulis jurnal belajar adalah untuk mengkomunikasikan: pengalaman belajar, materi yang telah dipahami, materi yang belum dipahami dengan menyebutkan alasannya, usaha atau cara untuk mengatasi masalah yang dihadapi sampai dengan hasil / upaya pengayaan yang dilakukan oleh peserta didik tersebut terhadap materi pembelajaran
Melalui jurnal belajar ini dapat digunakan untuk peningkatan mutu peserta didik khususnya dalam mencapai SK-KD semua mata pelajaran serta peningkatan mutu guru dalam mengelola PBM. Selamat mencoba.


*) Siti Nasiroh, S.Pd
Guru SD Negeri Jinggotan
     UPTD Dikpora Kecamatan Kembang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar